BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 28 Desember 2010

MICROSOFT WORD 2003

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA (MICROSOFT WORD 2003)

Microsoft Word adalah salah satu perangkat lunak pengolah kata (Word Processing Software) yang digunakan untuk membuat tulisan (pengolahan kata) pada komputer. Microsoft Word juga termasuk bagian dari Microsoft Office.
Selain berguna untuk membuat tulisan atau dokumen seperti surat, laporan, buku dan majalah, dengan banyaknya fasilitas tambahan dalam Microsoft Word memungkinkan juga berguna untuk :
1.   Membuat huruf atau tulisan artistik dengan fasilitas WordArt
2.   Membuat bagan, denah, flowchat dan media-media ruang dan bangun dengan fasilitas Drawing
3.   Membuat rumus-rumus matematika dengan fasilitas Equation
4.   Membuat buletin, brosur, poster dan menggunakan gambar-gambar dengan fasilitas ClipArt
5.   Membuat tulisan atau naskah dalam bentuk kolom koran
6.   Membuat dokumen dalam bentuk tabel dan lain sebagainya.
Macam-macam perangkat lunak pengolah kata antara lain : Microsoft Word, Lotus Word Pro, Notepad, WordStar, Corel Word Perfect, Wordpad, Page Maker, StarOffice Writer, OpenOffice Writer, KWord, dll.

Tampilan Lembar Kerja Microsoft Word
1.   Title Bar
               Title bar berfungsi untuk menampilkan nama file dokumen yang aktif dan program yang sedang dijalankan. Title bar terletak disebelah kiri atas lembar kerja Ms. Word 2003.
2.   Kontrol Jendela
               Kontrol jendala terletak sejajar dengan title bar pada sebelah kanan atas. Kontrol jendela terdapat tiga tombol yang mempunyai fungsi masing-masing yaitu :
      a.   Minimize (tanda minus) yang berfungsi untuk mengecilkan tampilan jendela Microsoft Word.
      b.   Restore (tanda kotak) yang berfungsi untuk mengembalikan keposisi semula atau memperbesar tampilan jendela Microsoft Word 2003.
      c.   Close (tanda silang) yang berfungsi untuk menutup tampilan jendela Microsoft Word 2003.
3.   Menu Bar
               Menu bar merupakan letak dari daftar perintah-perintah atau instruksi pada Microsoft Word 2003 yang terdiri dari 9 menu yaitu : File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window dan Help. Masing-masing menu memuat perintah-perintah yang saling berhubungan.
4.   Toolbar
               Toolbar adalah komponen jendela yang memuat tombol-tombol atau gambar kecil-kecil (icon) perintah. Toolbar dalam Microsoft Word 2003 yang utama adalah :
      a.   Toolbar Standard yang di antaranya terdapat ikon New, Open, Save, Print, dan lain-lain
      b.   Toolbar Formating yang di antaranya terdapat ikon Bold, Italic, Underline, Font, Font Size dll.
      c.   Toolbar Drawing yang di antaranya terdapat ikon Line, Arrow, WordArd, ClipArt dll.
5.   Kursor (titik sisip)
               Kursor adalah tanda kedip-kedip yang merupakan tempat munculnya karakter/huruf. Dalam arti setiap kita mengetik dalam keyboard maka karakter yang kita ketik akan ditambahkan di halaman dokumen tepat di mana kursor berada.
               Untuk memindahkan kursor kita cukup menggunakan tombol arah anak panah pada keyboard, atau juga kita dapat memindahkan kursor dengan mengklik mouse di tempat yang kita inginkan untuk meletakkan kursor pada dokumen yang sudah terdapat naskah ketikannya.
6.   Task Pane
               Task pane merupakan jendela kecil yang terdapat pada aplikasi office 2003 termasuk Microsoft Word yang memuat daftar-daftar perintah yang biasa digunakan. Task pane terletak di sebelah kanan jendela Ms. Word dengan ukuran yang kecil.
7.   Scroll Bar
               Scroll bar berfungsi untuk menggeser halaman dokumen yang ditampilkan. Dalam Ms. Word 2003 terdapat dua scroll bar yaitu scroll bar vertikal yang digunakan untuk menggeser halaman dokumen ke atas atau ke bawah, dan scroll bar horizontal yang digunakan untuk menggeser halaman dokumen ke kanan dan ke kiri.
8.   Garis Mistar (Ruler Line)
               Garis mistar berfungsi untuk menunjukkan ukuran sebenarnya dari halaman dokumen yang sedang dikerjakan. Mistar dapat menggunakan ukuran sentimeter ataupun inci tergantung pengaturan yang dibuat. Mistar Horizontal untuk menunjukkan ukuran lebar kertas dan Mistar Vertikal untuk menunjukkan ukuran panjang kertas.
9.   Status Bar
               Status bar berfungsi untuk menampilkan informasi berkenaan dengan dokumen yang sedang dikerjakan. Informasi yang ditampilkan antara lain: nomor halaman, bagian dokumen, halaman ke berapa dari jumlah halaman yang ada dalam dokumen, jarak posisi kursor ke batas atas kertas, nomor baris, kolom posisi kursor dan berbagai status tombol keyboard.

0 komentar: