BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 21 Desember 2010

jaringan

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan atara satu dengan yang lainnya, menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi baik berupa kabel maupun tanpa kabel (wireless) sehingga dapat saling berbagi data atau informasi, program, ataupun perangkat keras (hardware) dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer dapat juga diartikan sebagai kumpulan sejumlah kumpulan terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang berjumlah dua atau lebih komputer yang saling berhubungan. Dua buah komputer dikatakan sudah membentuk suatu jaringan bila melakukan pertukaran data atau informasi

manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut   :

Sharing resources
   Peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang berada pada satu
   jaringan.
·  Media komunikasi
   Paringan komputer memungkinkan terjadinya hubungan komunikasi antar pengguna lain, baik
   pertukaran data atau informasi jarak jauh.
·  Integrasi data
   Penggunaan jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena
   dengan  jaringan komputer proses komputasi tidak harus dilakukan pada satu komputer saja,
   melainkan dapat didistribusikan ke komputer lain.

Macam-Macam Jaringan Komputer

1. Local Area NetWork (LAN)


Merupakan suatu jaringan computer yang masih berda di dalam gedung atau ruangan seperti digunakan di rumah, perkantoran, industry, akademi, rumah sakit dll.

Keuntungan menggunakan LAN :
1. Dapat menghubungkan computer dalam jumlah banyak .
2. Access antar computer berlangsung cepat dan mudah .
3. Dapat saling bertukar informasi dengan para pengguna (client).
4. Dapat Memback up Data pada computer lain tanpa harus membongkar hardisk.
5. Hemat waktu dan biaya

2. Metropolotan Area Network(MAN)
Metropolitan Area Network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa Lan.
Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.
Sistem jaringan yang tepat untuk menangani hal tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi jaringan Metropolitan Area Network (MAN). Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan jenis LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3. Wide Area Network (WAN)


Merupakan bentuk jaringan computer yang terdiri dari LAN dan MAN jaringan MAN telah memenuhi berbagai system jaringan seperti perbankkan jual beli secara online di internet.
Jaringan penjualan jasa dan jaringan lainnya wan menggunakan protocol internet NSP (network cervice propider) tanpa NSP jaringan wan tidak dapat bekerja.• Jaringan WAN memiliki beberapa kelebihan:

1. Memilikisistem jaringan yang luas sehingga dapat mencapai Negara, benua, bahkan seluruh dunia.
2. Apabila terhubung dengan jaringan internet msk teransper file pada tempat yang saling berjauhan. Dapat di lakukan dengan cepat menggunakan email.

0 komentar: