BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 26 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : cara penyebaran virus

Cara penyebaran Virus 




virus generasi awal merupakan sekumpulan kode yang dimasukkan pada program umum, seperti game populer atau pengolah kata populer. Seseorang mungkin telah mendownload game yang terinfeksi dan menjalankannya.
Virus semacam ini merupakan sekumpulan kode yang digabungkan dalam program besar dan legal. Setiap virus didesain untuk aktif pada saat program dijalankan. Virus akan memuat dirinya ke memori dan memeriksa, apakah ia dapat menemukan program lain pada harddisk. Jika sudah ditemukan, ia akan memodifikasi program tersebut untuk meletakkan kode virus ke dalamnya. Selanjutnya, virus akan menjalankan "program yang sebenarnya" dan pengguna tidak menyadari kehadiran virus tersebut. Namun sayangnya, virus telah memperbanyak dirinya sehingga program terinfeksi. Pada saat program tersebut dijalankan, mereka akan menginfeksi program lainnya dan siklus tersebut akan terus berlanjut. Jika program yang terinfeksi diberikan kepada orang lain dalam bentuk disket, atau jika program tersebut di-upload ke bulletin board, program lainnya juga akan terinfeksi.
Proses penyebaran merupakan fase infeksi. Virus tidak akan begitu berbahaya jika yang dilakukan hanyalah memperbanyak dirinya sendiri. Namun, pada umumnya virus memiliki fase penyerangan di mana mereka melakukan pengrusakan. Adanya pemicu tertentu akan mengaktifkan fase penyerangan dan virus kemudian akan "melakukan sesuatu" - apa saja seperti menampilkan pesan aneh pada layar yang meminta Anda untuk menghapus data. Yang menjadi pemicu mungkin tanggal tertentu, banyaknya replikasi yang dilakukan, atau hal lainnya yang sejenis.
Seiring dengan semakin majunya pembuat virus, mereka mempelajari trik baru. Satu trik yang penting adalah kemampuan memuat virus ke memori sehingga mereka dapat berjalan secara background selama komputer menyala. Hal ini merupakan cara yang efektif bagi virus untuk mereplikasi dirinya.
Trik lainnya adalah kemampuan untuk menginfeksi boot sector pada disket atau harddisk. Boot sector merupakan bagian pertama dari sistem operasi yang di-load oleh komputer. Boot sector mengandung program kecil yang memberitahu komputer cara me-load bagian selanjutnya dari sistem operasi.
Dengan meletakkan kode pada boot sector, virus pasti akan dijalankan. Ia dapat segera memuat dirinya ke memori dan siap beraksi kapanpun komputer menyala.
Virus boot sector dapat menginfeksi boot sector disket yang dimasukkan ke komputer. Pada kantor, kampus atau tempat lainnya yang menggunakan komputer secara bersama-sama, virus tersebut dapat menyebar dengan cepat.
Pada umumnya, virus file dan virus boot sector tidak lagi begitu membahayakan. Alasan pertama adalah besarnya ukuran program sekarang ini. Orang-orang kini tidak dapat lagi membawa aplikasi dalam disket seperti halnya pada tahun 80-an, di mana disket digunakan untuk menyimpan program.
Hampir semua program yang Anda beli sekarang ini dikemas dalam bentuk CD-ROM. Kepingan disc tersebut tidak dapat dimodifikasi sehingga virus tidak dapat menginfeksi CD-ROM. Di samping itu, sistem operasi kini melindungi boot sector sehingga timbulnya virus boot sector dapat dicegah.

0 komentar: