BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 26 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : pengertian virus

Apa itu "virus"?



Virus komputer disebut virus karena mereka memiliki kesamaan karakter dengan virus biologis. Virus komputer menular dari satu komputer ke komputer lainnya, sama halnya dengan virus biologis yang menular dari manusia ke manusia lainnya. Di samping itu, keduanya juga memiliki kesamaan lainnya. Virus biologis adalah fragmen DNA dalam lapisan pelindung. Tidak seperti sel, virus tidak dapat melakukan apapun atau memperbanyak dirinya sendiri, karena ia bukan makhluk hidup. Sebagai gantinya, virus biologis harus menyuntik DNa-nya ke dalam sel.
DNA tersebut selanjutnya akan menggunakan sistem pada sel untuk memperbanyak dirinya. Pada beberapa kasus tertentu, partikel virus berkembang dalam sel,  sementara sel tersebut tetap hidup. Virus komputer memiliki beberapa karakter tersebut. Virus komputer harus menumpang pada program atau dokumen agar ia dapat aktif. Sekali diaktifkan, ia dapat menginfeksi program atau dokumen lainnya.
Di dunia ini terdapat tiga jenis virus yang utama, di mana masing-masing berbeda antara satu dengan lainnya. Setiap jenis, memiliki banyak subkategori lagi dibawahnya (dan bukan bermaksud menakuti dan menambah bingung, ada lagi yang disebut virus hoax).
- Boot Sector Infector.  Kadang-kadang disebut juga bood record infector, virus sistem, atau virus boot. Virus jenis ini menyerang program boot yang terdapat pada disket atau harddisk. Program boot akan dijalankan pada saat komputer dinyalakan, sehingga menjadikannya sasaran empuk bagi para pembuat virus. Dengan memasang virus pada program boot, virus pasti akan dijalankan sehingga dapat mengambil alih sistem. Virus ini biasanya menyebar melalui boot disk yang terinfeksi.
- File Infector. Virus jenis ini langsung menyerang dan memodifikasi file executable, yang biasanya file .EXE atau .COM. Pada saat program dijalankan, virus juga turut dijalankan dan melakukan apapun yang diinginkannya. Biasanya, ia me-load dirinya sendiri ke memori dan menunggu pemicu untuk menemukan dan menginfeksi file program lainnya. Virus jenis ini biasanya menyebar melalui disket yang terinfeksi, jaringan dan internet.
- Virus macro. Virus ini merupakan jenis baru yang memanfaatkan bahasa pemrograman yang terdapat pada program populer, seperti Microsoft Word dan Excel. Pada kedua program tersebut, Anda dapat membuat program untuk mengotomatisasi tugas yang disebut macro. Seiring perkembangan bahasa macro, pembuat virus membuat macro "jahat" yang pada saat dibuka ia akan memperbanyak dirinya ke dokumen lain dan menyebar seperti layaknya virus konvensional. Virus macro dapat menyebabkan tingkat kerusakan yang sama dengan virus biasa dan mereka sangat bervariasi. Virus biasa ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat rendah (low-level), sedangkan virus macro ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. Saat ini, virus macro biasanya menyerang dokumen word.

Apa itu "worm"?
Worm merupakan program komputer yang dapat meng-copy dirinya sendiri dari satu komputer ke komputer lainnya. Worm biasanya bergerak dan menginfeksi komputer melalui jaringan. Dengan menggunakan jaringan, worm dapat melakukan ekspansi dalam waktu singkat. Sebagai contoh, pada tanggal 19 Juli 2001, worm Code Red memperbanyak dirinya sendiri sebanyak lebih dari 250.000 kali dalam waktu kira-kira 9 jam.

0 komentar: