BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 26 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7: Langkah-langkah pencegahan virus

Langkah-langkah pencegahan


Untuk melindungi diri dari virus, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:
- Gunakan sistem operasi yang aman, seperti UNIX atau Windows NT. Kedua sistem operasi tersebut sulit untuk diserang karena mereka memiliki fitur keamanan yang dapat mencegah virus (atau pihak yang tidak diinginkan) mengakses harddisk Anda.
- Jika Anda tidak menggunakan sistem operasi yang aman, menggunakan peranti lunak antivirus  bisa menjadi langkah pengamanan yang baik.
- Hindari program dari sumber yang tidak dikenal (misalnya internet), sebagai gantinya gunakan program komersial yang tersedia. Sebagai tambahan, Anda sebaiknya tidak melakukan booting melalui disket untuk mengurangi resiko timbulnya virus dari disket.
- Pastikan Anda mengaktifkan Macro Virus Protection dan Anda tidak menjalankan macro pada dokumen, kecuali jika Anda mengetahui apa yang dilakukannya.
- Pada kasus virus ILOVEYOU, satu-satunya perlindungan adalah disiplin pribadi. Anda sebaiknya tidak sembarangan menjalankan file executable yang terdapat pada Attachment e-mail. Attachment berupa file Word (.DOC), Spreadsheet (.XLS), image (.GIF dan .JPG), dan seterusnya, merupakan file data yang tidak dapat melakukan pengrusakan. File dengan ekstension EXE, COM, atau VBS merupakan file executable yang dapat melakukan pengrusakan yang diinginkannya. Sekali dijalankan, ia dapat melakukan apa saja pada komputer Anda.

0 komentar: