BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 26 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : Siapa yang membuat virus dan mengapa?

Siapa yang membuat virus dan mengapa?
 
 


Pada umumnya, mereka yang membuat virus memiliki alasannya sendiri-sendiri dan mereka lebih suka berada di belakang layar. Kebanyakan pembuat virus diyakini adalah orang-orang muda dalam masa remaja atau awal 20-an, yang memiliki pengetahuan teknik yang baik dan untuk berbagai alasan mereka menggunakan pengetahuannya untuk tujuan merusak atau mengganggu.
Jika Anda seorang programmer dan melihat lubang keamanan yang dapat dieksploitasi, mungkin terdorong untuk mengeksploitasi lubang tersebut sebelum didahului oleh orang lain. "Saya dapat saja MEMBERITAHUKAN orang lain tentang lubang tersebut, tetapi bukankah lebih baik jika saya MENUNJUKKAN lubang tersebut kepada mereka?" Begitulah kira-kira logika yang sering digunakan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa mereka membuat virus:
- Sosiopati: Banyak pembuat virus merupakan orang-orang pembuat masalah atau hanya individu yang suka membuat masalah - yang ingin membuat kekacauan dan ingin mendapat perhatian dari kekacauan tersebut. Mereka dapat disamakan dengan penulis grafiti, penipu lewat telepon, dan lain-lain, yang mencari perhatian dari kekacauan yang dibuatnya.
- Balas dendam: Virus dan trojan horse kadang-kadang dibuat oleh karyawan yang tidak puas atau mereka yang ingin membalas dendam kepada seseorang atau ingin membuat pernyataan.
- Tantangan: Beberapa pembuat virus melakukan hal tersebut hanya untuk melihat sejauh mana kemampuan mereka. Seiring dengan semakin pintarnya peranti lunak antivirus, pembuat virus harus menemukan cara baru agar "produk" mereka bisa eksis.
- Pendidikan: Membuat virus, terutama yang bisa menghindari deteksi, membutuhkan kemampuan teknik know-how yang cukup mendalam. Beberapa pembuat virus melakukan hal tersebut untuk mengajar diri mereka sendiri bagaimana memprogram low-level pada PC. Ini merupakan situasi yang ironis, di mana pembuat virus berpengalaman termasuk programmer komputer dengan kemampuan teknik terbaik di dunia.
Pada kebanyakan kasus, perang terbuka dapat terjadi antara pembuat virus terkenal dengan perusahaan pembuat peranti lunak antivirus. Dibantu pembuat virus lainnya, tidak mengherankan jika virus-virus baru ditujukan ke peranti lunak antivirus. Program antivirus selanjutnya akan melakukan modifikasi untuk melindungi dirinya dari penyerangan tersebut dan seterusnya. Pada intinya, dunia luar sana merupakan arena perang digital dan harddisk Anda menjadi tempat peperangan tersebut. Di dunia ini terdapat ribuan virus yang siap mengancam Anda. Untungnya, Anda dapat mengatasi hal tersebut dengan mencegah penyebarannya dan melakukan scanning virus secara rutin.

0 komentar: