BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Sabtu, 26 Februari 2011

Materi TIK Kelas 7 : virus

 Virus


 Virus datang seperti pencuri. Dengan mengetahui cara kerjanya, Anda dapat mencegah kedatangannya.
Virus komputer bersifat misterius dan menarik perhatian kita. Pada satu pihak, virus menunjukkan betapa lemahnya kita. Virus yang didesain dengan baik dapat menimbulkan efek yang dahsyat pada internet. Sementara di lain pihak, virus menunjukkan betapa kompleks dan terikatnya manusia sekarang ini. Sebagai contoh, virus Melissa - yang menjadi fenomena global pada bulan Maret 1999 - memiliki kemampuan yang dahsyat yang memaksa Microsoft dan sejumlah perusahaan besar lainnya menutup sistem e-mail mereka sampai virus tersebut dapat ditangani. Virus ILOVEYOU pada tahun 2000, juga memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda.

Jenis infeksi
Saat mendengar berita, Anda mungkin mengetahui tentang berbagai bentuk infeksi elektronik yang ada. Yang paling umum adalah:
- Virus. Virus merupakan program kecil yang menyusup pada program yang sebenarnya. Sebagai contoh, suatu virus dapat mengattach dirinya ke program spreadsheet. Setiap kali program spreadsheet dijalankan, virus akan aktif dan memiliki kesempatan untuk memperbanyak dirinya (dengan menggabungkan diri pada program lain) atau melakukan pengrusakan.
- Virus e-mail. Virus e-mail menyebarkan diri melalui pesan e-mail dan biasanya ia secara otomatis memperbanyak diri dengan mengirim dirinya sendiri ke orang-orang yang terdapat dalam buku alamat e-mail milik korban.
- Worm. Worm merupakan program kecil yang menggunakan jaringan komputer dan lubang keamanan untuk memperbanyak dirinya. Worm akan memeriksa jaringan untuk mencari komputer lain yang lubang keamanannya terbuka. Ia akan meng-copy dirinya sendiri ke komputer tujuan dan di situ ia juga memperbanyak dirinya.
- Trojan Horse. Secara sederhana trojan horse merupakan program komputer yang berpura-pura melakukan suatu hal yang baik (misalnya game), padahal ia akan melakukan pengrusakan (trojan horse pada harddisk Anda). Trojan horse tidak dapat memperbanyak dirinya secara otomatis.

0 komentar: